Sugioto, SH, M.Kn/RMOLKalbar

Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar menunda kegiatan Pontianak Lion Dance International Championship 2020. Keputusan ini dibuat setelah dilakukan pertemuan antara pengurus FOBI Kalbar dan Panitia pelaksana serta koordinasi dengan Federasi Barongsai International di Kuala Lumpur.

“Melihat perkembangan Virus Corona saat ini kita memutuskan menunda kegiatan Pontianak Lion Dance International Championship 2020. Hal serupa juga dilakukan beberapa negara yang akan menggelar event yang sama,” kata Sugioto selaku Ketum FOBI Kalbar, Kamis (5/3).

Rencananya FOBI Kalbar menggelar event yang sukses melibatkan delapan negara pada tahun lalu tanggal 19-21 Juni 2020. Sejumlah peserta yang hadir tahun lalu juga sempat menanyakan apakah event serupa kembali digelar tahun ini.

Melihat situasi saat ini, FOBI Kalbar telah memberikan informasi kepada peserta, untuk menuda kegiatan.

“Sebenarnya even Lion Dance International ini mau kami adakan. Apalagi peserta dari negara luar di tahun pertama kemarin begitu antusias untuk ikut kembali. Namun melihat kondisi wabah corona yang makin meluas, kami sebagai panitia sementara ini mengurungkan niat buat melaksanakannya,” katanya.

Di tahun lalu, Pontianak Lion Dance diikuti kurang lebih 8 negara dengan total peserta mencapai 400-an peserta. Apabila tahun ke dua dilaksanakan, kemungkinan negara yang akan ikut bisa bertambah. Perkiraannya bisa mencapai lebih dari 15 negara dan total peserta yang hadir bisa mencapai seribuan orang. Melihat jumlah tersebut tentu akan berdampak positif pada peningkatan PAD Kota Pontianak.

Padahal lanjut dia, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono begitu mendukung kegiatan ini dan menginginkan agar pihak panitia dapat menjadikan even tersebut berkelanjutan.

Jika tahun ini dilaksanakan, perwakilan tim barongsai dari Amerika Serikat juga bakal tampil.

“Mudah-mudahan wabah Corona ini dapat tertangani. Dengan demikian pelaksanaan even yang melibatkan negara luar bisa kembali dimulai,” tandasnya.

Ketua Pontianak Lion Dance International Championship, Bong Bie Chiung menambahkan kejuaraan tahun ini agendanya tidak jauh berbeda dengan kejuaraan serupa di Genting Island, Malaysia. Peserta dari luar negeri yang ikut kejuaraan itu, tidak langsung pulang ke negaranya. Mereka akan melanjutkan mengikuti kejuaraan di Pontianak.

“Namun melihat kondisi saat ini, mereka juga menjadi ragu apakah kejuaraan itu tetap mereka lanjutkan,” jelas Bie Chiung.

Dia berharap penyeberan Virus Corona segera bisa diatasi sehingga event-event berskala internasional bisa tetap berlanjut.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here