Informasi Virus Corona, Kapolres: Waspada Serangan Hoax

Guna mencegah oknum atau pihak tertentu yang memanfaatkan ketakutan warga atas informasi yang simpang siur mengenai virus corona, Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengimbau agar warga kota Singkawang untuk tidak ragu untuk bertanya kepada pihak kepolisian maupun dinas kesehatan apabila terdapat informasi yang tidak jelas kebenarannya atau terindikasi hoax.


Terlebih hoax rentan menyerang disaat semua pihak tengah berupaya mengantisipasi dan menangkal virus corona.

“Kami menghimbau agar masyarakat untuk tidak ragu bertanya kepada pihak kepolisian atau dinas kesehatan apabila ada informasi atau isu-isu yang masih belum jelas atau info yang tidak dikeluarkan secara resmi oleh aparat pemerintahan setempat agar tidak menjadi fitnah atau bahkan ikut menyebarkan hoax,” kata Kapolres, Kamis (5/3).

Ia juga meminta agar masyarakat tidak panik, terhadap informasi observasi pasien asal kabupaten Bengkayang di RSUD Abdul Aziz Singkawang.

“Selaku salah satu pemangku keamanan di kota Singkawang menyatakan masyarakat kota singkawang tidak perlu panik yg berlebihan karena untuk penanganan secara medis sudah dilakukan oleh pihak rumah sakit abdul azis dan tetap dipantau oleh pemerintah melalui dinas kesehatan,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mempercayakan penanganan kepada dinas dan instansi terkait.

“Mari kita percayakan hal tersebut kepada dinas/instansi terkait yang menanganinya dan jangan terpancing berita-berita atau isu yang masih diragukan kebenarannya yang ingin menimbulkan keresahan, kepanikan maupun kegaduhan di kota singkawang yang kita cintai ini,” katanya,

Kapolres juga mengajak masyarakat untuk mengutamakan tindakan pencegahan seperti mengikuti saran dan imbauan yang diedarkan oleh pemerintah.

“Mari bersama-sama kita menjaga diri kita dan keluarga melalui upaya-upaya pencegahan yang sudah diberitahukan oleh pemerintah, kami pun akan tetap membantu memviralkan imbauan-imbauan tersebut melalui akun-akun media sosial resmi polres singkawang,” pungkasnya.