Presiden Joko Widodo/Net

Pemerintah diminta segera melakukan strategi komprehensif dalam mengatasi wabah corona.

Menurut Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, prioritas utama adalah menyelamatkan rakyat, tidak ada prioritas lain.

“Strategi komprehensif yang saya maksud adalah yang terukur, cepat dan tepat mulai strategi pencegahan, edukasi hidup sehat termasuk penyemprotan disinfektan berbagai fasilitas publik. Hingga kebijakan jaga jarak atau social distancing, bahkan jika diperlukan langkah pengasingan atau lockdown sejumlah wilayah yang eskalatif penyebaran wabahnya,” tutur Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3).

Dalam kondisi seperti saat ini, kecermatan dan kecepatan perlu diperhatikan pemerintah dalam mengambil kebijakan. Seperti kapan menerapkan social distancing seperti yang dilakukan sejumlah Pemda meliburkan sekolah.

Untuk penutupan tempat keramaian dan lockdown, sambung anggota Komisi I DPR RI ini bisa dimulai dari sektor penerbangan dan pelabuhan.

“Keselamat rakyat prioritas tertinggi saat ini. Kita semua mafhum pasti akan ada dampak ekonomi dan pertumbuhan. Tapi itu bukan prioritas sekarang. Pemerintah harus bertindak determinatif dalam mencegah persebaran virus ini,” tegasnya.

PKS Sendiri telah melakukan langkah antisipatif dengan memerintahkan staf di DPR bekerja di rumah terhitung mulai tanggal 16 sampai 28 Maret sesuai perkembangan situasi.

“PKS siap bahu-membahu bersama pemerintah dan komponen masyarakat untuk memasifkan pencegahan, edukasi dan mitigasi persebaran virus corona,” tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here