Gojek Pontianak Lindungi Mitra dengan Beragam Langkah Komprehensif

Kesehatan dan keselamatan merupakan prioritas utama Gojek, untuk itu Gojek telah menjalankan berbagai upaya antisipasi sehubungan dengan Coronavirus Diseases (Covid-19) sejak Januari lalu. Upaya-upaya preventif tersebut menjangkau seluruh ekosistem Gojek termasuk mitra driver, merchant, service provider, pelanggan, dan karyawan Gojek yang dijalankan baik secara mandiri maupun melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Upaya yang dilakukan secara berkala ini dimaksudkan agar mitra Gojek memahami informasi tentang Covid-19, termasuk edukasi mengenai cara pencegahan, serta himbauan untuk waspada dan menjaga kesehatan. Informasi tersebut yang disampaikan melalui berbagai channel komunikasi dengan cara memanfaatkan fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification) dan tatap muka berkala dalam grup kecil dengan mitra driver (Kopdar).

Gojek Pontianak juga secara berkala melakukan pengecekan suhu tubuh mitra, pembagian ratusan masker, pembuatan serta pendistribusian 380 hands sanitizer dan juga pembersihan GoCar dan GoRide dengan cairan desinfektan.

“Gojek turut simpati dengan isu penyebaran Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, Gojek berupaya untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang kami hadirkan dapat memudahkan masyarakat dan menjadi solusi untuk saat ini. Upaya-upaya pencegahan yang dilakukan Gojek juga memastikan kesehatan optimal mitra agar mitra dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," ujar Mulawarman, Head of Regional Corporate Affairs Gojek, Senin (23/3).

Selain itu, Gojek melakukan berbagai macam upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para mitra driver di masa wabah ini agar mereka dapat tetap prima dalam menjalankan tugas kesehariannya.

  1. Berbagai inisiatif komprehensif untuk menjaga kesehatan mitra driver

Gojek menyadari bahwa mitra driver menjadi andalan saat masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia dihimbau untuk tetap berada #dirumahaja untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Untuk itu kami melakukan berbagai macam upaya untuk membantu mitra driver kami tetap sehat dan prima dalam menjalankan kesehariannya.

a. Penyediaan Masker, Hand Sanitizer , Vitamin dan Desinfektan.

Gojek telah menyediakan ribuan masker, cairan pembersih ( hand sanitizer), vitamin, dan penyemprotan kendaraan dengan cairan desinfektan di berbagai kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan ke kota-kota lainnya. Gojek terus berupaya keras menyediakan berbagai keperluan tersebut agar mitra driver tetap dalam keadaan sehat dalam kesehariannya.

b. Penyediaan Kartu Penanda Suhu Tubuh di Merchant GoFood untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu.

Kartu Penanda Suhu Tubuh ini merupakan pedoman dari Gojek yang dijalankan berbagai mitra merchant GoFood untuk memastikan keamanan dan makanan yang dikirimkan. Kartu ini berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yaitu karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Dengan prosedur ini, mitra driver kami dapat mengetahui suhu tubuhnya dari waktu ke waktu tanpa harus melakukan pengecekan sendiri.

c. Fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver.

Gojek telah mengimplementasikan sistem contactless delivery atau layanan tanpa kontak fisik langsung pada layanan GoFood dan GoSend, demi meminimalisir kontak langsung antara mitra driver dan pelanggan, dengan menyediakan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat. Hal ini kami lakukan agar semua pihak, termasuk mitra driver kami, dapat terminimalisir dari kemungkinan penularan.

  1. Sosialisasi materi edukasi pedoman kesehatan secara intensif kepada mitra driver untuk melindungi resiko penularan virus.

a. Edukasi Pedoman Menjaga Kesehatan bagi mitra driver.

Gojek mensosialisasikan materi edukasi secara berkala terkait pencegahan COVID-19 yang mengikuti panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara berkala melalui kanal komunikasi mitra driver, termasuk fitur notifikasi di aplikasi ( in-app notification ).

b. SOP (Standard Operating Procedure) untuk Kesehatan Driver dan Konsumen.

Gojek memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver. Ini termasuk:

  1. Himbauan untuk konsumen membawa helm sendiri jika memungkinkan, jika tidak bisa, konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh helm dari mitra driver.
  2. Konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh pintu mobil.
  3. Konsumen wajib menggunakan masker jika konsumen sedang tidak enak badan.
  4. Konsumen dilarang membuang tisu atau masker di dalam mobil GoCar.
  5. Konsumen dihimbau membayar secara non-tunai untuk mengurangi kontak fisik.
  6. Langkah Gojek untuk mendukung stabilitas finansial mitra dalam melewati masa pandemik ini.

Kami memahami bahwa wabah COVID-19 ini menuntut masyarakat untuk membatasi ruang gerak guna memutus mata rantai penularan. Hal ini pastinya berpotensi berdampak pada pendapatan mitra driver kami. Untuk itu, dalam satu minggu terakhir atau setelah pemerintah mengumumkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam di 14 Maret lalu, kami melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mitra driver kami untuk menjaga stabilitas finansial mereka di masa sulit ini.

a. Bantuan Pendapatan untuk Driver.

Gojek meluncurkan skema Program Bantuan Pendapatan kepada mitra driver roda dua dan roda empat yang tidak dapat bekerja karena harus mendapatkan perawatan akibat positif terpapar COVID-19. Gojek juga akan menghentikan sementara cicilan yang berjalan misalnya premi asuransi, cicilan kendaraan dan lain sebagainya, pada bulan berjalan mitra driver mengalami perawatan. Gojek merupakan perusahaan on-demand pertama di Indonesia yang memberlakukan skema bantuan pendapatan bagi mitra driver.

b. Ajakan Konsumen untuk Berikan Tip Lebih untuk Mitra Driver.

Menyadari mitra driver kami semakin menjadi andalan masyarakat di masa yang mengharuskan keterbatasan ruang gerak ini, Gojek melalui kampanye #KasihLebihan, memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna layanan kami untuk memberikan tip kepada para mitra driver. Hal ini kami lakukan dengan memberikan pilihan tambahan tip hingga nominal Rp 100.000 di aplikasi Gojek.

c. Berbagai inisiatif lain akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Beberapa hal diatas hanya sebagian kecil dari apa yang kami lakukan dalam beberapa hari terakhir untuk mitra kami. Saat ini kami sedang bekerja keras merancang beberapa inisiatif lainnya untuk dapat terus membantu mitra driver menjaga stabilitas finansial mereka. Kami akan informasikan langkah dan inisiatif ini segera dalam waktu dekat.

Gojek terus membuka diri dengan informasi yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Kesehatan. Upaya ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 baik untuk mitra maupun untuk masyarakat.

“Gojek siap untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk terus menyampaikan informasi mengenai antisipasi Covid-19. Kami menghimbau agar masyarakat senantiasa waspada dan terus mengikuti perkembangan terkait situasi terbaru dari sumber-sumber resmi seperti badan Pemerintah dan pihak berwajib,” tutup Mulawarman.