Harisson/RMOLKalbar

Satu pasien warga Kabupaten Sambas berjenis kelamin laki-laki berusia 46 tahun dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Pasien tersebut saat ini menjalani karantina di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Aziz Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr Harisson M.Kes mengatakan, baru mendapatkan hasil test laboratorium Balitbang Kesehatan di Jakarta yang menyatakan jika satu pasien yang sedang dirawat di RS Abdul Azis Kota Singkawang dinyatakan positif Corona.

“Pasien ini seorang pria berumur 46 Tahun yang kami rawat di Singkawang dan pagi tadi dinyatakan positif Corona,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (26/3).

Menurutnya pasien pada 28 Februari melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur Malaysia dan kembali ke Indonesia melalui PLBN Aruk pada 3 Maret dan masuk RS Abdul Azis pada 13 Maret 2020.

“Kemudian kita ambil sample spesimen untuk dibawa Ke Balitbangkes pada 14 Maret 2020. Baru hari ini hasilnya keluar dan terkonfirmasi positif covid 19,” katanya.

Untuk keadaan pasien menurutnya saat ini dalam keadaan sehat meski RS tetap menahan pasien tersebut diruang isolasi. Pasien merupakan warga Kabupaten Sambas.

“Meski pasien dalam keadaan sehat namun masih ditahan diruang isolasi karena hasil sudah kami dapatkan positif corona,” katanya.

Ia juga menyampaikan kabar baik, satu pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Soedarso Pontianak saat ini dinyatakan sembuh dengan status hasil pemeriksaan terakhir negatif.

“Ini merupakan kabar baik bagi kita, dimana seperti kita ketahui kita sedang merawat pasien pria berumur 34 tahun yang terkonfirmasi Covid-19 di RSUD Soedarso Pontianak sejak tanggal 10 Maret 2010. Hari ini kita menerima laporan dari hasil Litbangkes Kementerian Kesehatan dan hasilnya, yang bersangkutan sudah dinyatakan negatif dan sembuh,” jelasnya.

Namun, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan kedua, dan jika pemeriksaan kedua juga dinyatakan negatif, maka PDP ini bisa dikeluarkan dari ruang isolasi dan akan dipulangkan ke rumah.

“Kabar baik juga kita dapatkan dimana seperti diketahui kita sedang merawat PDP wanita umur 51 tahun di RSUD Soedarso Pontianak yang selama ini juga di rawat di ruang isolasi dari tanggal 16 Maret 2020. Hasil pemeriksaan labkes, ibu ini dinyatakan negatif Covid-19,” tukasnya.

Ibu ini akan segera segera dikeluarkan dari ruang isolasi dan ketika sudah pulang ke rumah dan ini diharapkan dapat melakukan karantina secara mandiri untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar sehat.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here