Semprot Serok, Cara Kodam XII/Tpr Cegah Penyebaran Covid-19

Pola Serok (Serbu dan Keroyok) atau dalam bahasa ilmiahnya Sinergi Penthahelix diterapkan oleh Kodam XII/Tanjungpura untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayahnya.


Seperti yang dilakukan hari ini, Kodam XII/Tpr beserta stake holder lainnya melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak di jalan protokol dan fasilitas publik di Kota Pontianak.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Personel Gabungan dengan mengggunakan handsprayer dan mobil damkar serta kendaraan yang telah dimodifikasi untuk melakukan penyemprotan.

Kegiatan Semprot Serok disinfektan yang dilakukan oleh Kodam XII/Tpr bersama kekuatan komponen masyarakat lainnya ini mendapat peninjauan langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak tersebut dilakukan oleh Kodam XII/Tpr bekerjasama dengan Polda, Basarnas, BPBD, Satpol PP dan Yayasan Damkar serta semua komponen yang ada.

“Kita melaksanakan penyemprotan secara serantak. Hari ini di Pontianak, ada tiga titik yang kita laksanakan penyemprotan. Ini akan berlanjut sampai dengan tanggal 28 Maret 2020. Kemudian di kota-kota se-Kalimantan Barat hari ini juga mereka semua secara serentak bergerak melaksanakan hal yang sama dengan melibatkan semua komponen masyarakat,” jelasnya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerangkan adapun tujuan dari penyemprotan disinfektan ini adalah untuk memutus media dari virus corona ini. Selanjutnya pada kesempatan tersebut dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar supaya tetap tinggal dirumah.

“Sekarang ini kebijakan pemerintah adalah menerapkan physical distancing sehingga masyarakat jaga jarak agar masyarakat disiplin mematuhi. Kita tidak ingin kejadian di negara lain menimpa negara kita. Kuncinya kita harus bersatu mematuhi semua kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Semoga kita semua bisa melawan corona dengan baik,” himbaunya.

Dikatakan oleh Pangdam, bahwa program penyemprotan ini tidak hanya dilakukan di Kota Pontianak. Kegiatan ini dilakukan serentak oleh jajarannya di seluruh wilayah Kodam XII/Tpr baik di kota-kota di Kalbar maupun Kalteng.

“Kegiatan ini akan tetap kita lanjutkan dengan nanti melihat waktu – waktu yang kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan,” pungkas Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.