Ilustrasi/Net

Sejumlah pengantin di Pontianak, Kalimantan Barat, terpaksa harus menunda resepsi pernikahan. Ini akibat belum meredanya wabah corona covid-19 di Kalbar.

Salah satu calon pengantin Feri Anggriawan dan Wina murdiana yang rencananya akan melangsungkan resepsi/pesta penikahan meraka pada Minggu (5/4), terpaksa harus menundanya sampai waktu yang belum dipastikan.

“Kita terpaksa tunda resepsi pernikahan, akad nikah dan resepsi yang semula akan dilakukan di tempat yang sama. Tapi karena kondisi maka dipindahkan di rumah calon pengantin perempuan,” ucapnya.

Rencana resepsi pernikahan mereka telah disiapkan jauh hari. Namun, akibat adanya wabah Covid 19, Ia harus merubah acara pesta pernikahannya.

“Kami akad nikah dulu, pestanya ditunda” katanya.

Menurutnya rencana akad nikah dan resepsinya di Aula Pol Airud Pontianak Utara. Tapi, karena kondisinya seperti ini, dan ada himbauan dari Gubernur untuk tidak melakukan pengumpulan massa, Jadi hanya akad nikah saja yang dilaksanakannya.

Kementerian Agama sebelumnya telah mengungkapkan tata cara pelayanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) atau pun di luar KUA, sebagai upaya pencegahan dan penularan Covid-19 atau corona virus.

Beberapa kasus di Kalimantan Barat, pihak kepolisian terpaksa harus membubarkan acara resepsi pernikahan yang masih saja berlangsung, dan melibatkan orang banyak sebagai upaya pencegahan.

Pernikahan sebenarnya tetap dapat dilaksanakan, namun dengan beberapa protokol pencegahan dan penyebaran covid-19, seperti yang disampaikan oleh Kementerian Agama di akun Instagramnya.

Pernikahan dapat dilaksanakan di KUA, namun harus membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan, tidak lebih dari 10 orang.

Calon pengantin, dan keluarga yang mengikuti prosesi tersebut diwajibkan untuk membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menggunakan masker. Petugas, wali nikah dan calon pengantin laki-laki harus menggunakan sarung tangan dan masker saat ijab kabul.

Jika prosesi pernikahan yang dilakukan di luar KUA, tak jauh berbeda dari prosesi pernikahan di KUA, hanya saja ruangan prosesi akad nikah diharuskan di ruangan yang berventilasi sehat.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here