TNI - Polri Bersama Pemkab Sekadau Dirikan Dapur Umum Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

TNI Polri bersama Pemda Sekadau bekerjasama membuat dapur umum lapangan, yang didirikan di depan tugu bambu runcing, komplek Pasar Baru, jalan Panglima Naga, kecamatan Sekadau Hilir.


Setiap harinya, dapur umum ini akan menyediakan ratusan nasi kotak yang diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu yang ekonominya terdampak pandemi covid-19, seperti tukang parkir, tukang ojek, buruh harian, dan pemulung.

Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, mengatakan, didirikannya dapur umum ini bertujuan untuk menciptakan stabilitas ketahanan pangan di tengah wabah virus Corona (Covid-19).

"Melalui dapur umum ini kita berharap dapat membantu meringankan masyarakat yang kini ekonominya sedang dalam kondisi sulit," kata Kapolres, Sabtu (18/4).

AKBP Marupa menyebut, dapur umum ini akan terus dibuka selama situasi pandemi virus corona belum aman. Dan juga pada bulan Ramadhan nanti, akan disediakan makanan untuk sahur dan berbuka disini.

"Kita upayakan nanti akan dibagikan kepada masyarakat sebanyak 100 porsi perhari, nanti kita akan berjalan membagikannya ke warga, untuk menghindari kerumunan orang di dapur umum," jelasnya.

Masyarakat yang melintas juga dipersilahkan untuk mengambil langsung paket makanan ke dapur umum. Menu makanan yang disediakan pun akan bervariasi setiap harinya serta terjamin higienis karena dimasak langsung oleh petugas TNI Polri dan BPBD, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

TNI Polri juga terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengikuti aturan kebijakan pemerintah dan tetap mengedepankan physical distancing dalam menerima atau mendistribusikan makanan dapur umum.