Bupati Salurkan Bantuan Sembako Kepada Pekerja Tambang Speed di Dermaga Sungai Durian

Sebagai rasa kepedulian Pemerintah Kabupaten Sintang untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, pada pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi dilema, dan berdampak terhadap perekonomian, Dinas Sosial Kabupaten Sintang melaksanakan penyaluran bantuan berupa sembako kepada para pekerja tambang speed, yang secara langsung diserahkan Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Ped., PH., didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang Setina, Kadis Perindagkop dan UKM kabupaten Sintang Haji Sudirman, Kabid ASDP Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang Barrie Danu Berata, SE., M.AP di dermaga Sungai Durian, Rabu (10/6).


Dalam kata sambutannya, Bupati Sintang, mengatakan, dengan semakin meningkatnya wabah Covid-19 yang saat ini di Indonesia sudah mencapai sekitar 34 ribu lebih kasus, dan meninggal dunia sekitar 2.000 orang, kita harus selalu waspada dan masyarakat Sintang harus tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu selalu cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari dari kerumunan.

“Kita tidak perlu terlalu takut tetapi harus selalu waspada, karena penyakit ini memang mudah menjangkit, dan yang terpenting masyarakat harus selalu menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan bergizi dan pola hidup sehat, dan sebenarnya yang meninggal dunia itu biasanya orang tua yang sudah berumur lima puluh tahun keatas yang memang sudah memiliki sejarah penyakit lain atau komplikasi,” jelas Jarot.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Sintang saat ini sudah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan rapid test di beberapa wilayah, dengan jumlah yaitu sekitar lima ribu orang.

Foto/RMOLKalbar

”Seperti yang telah kita sebut dengan cluster dari Jembatan Kapuas itu yang kita test itu sebanyak 467 orang, dan yang reaktif 73 orang, yang sudah ada hasil swabnya 21 orang, dengan jumlah 16 orang negatif, 5 orang positif Covid-19, tetapi kita aman karena jauh hari kita sudah tau, dan semua orang itu sekarang sudah di isolasi, inilah yang sudah dilakukan Pemerintah daerah,” tegasnya.

Sementara itu, pada saat pelaksanaan penyaluran bantuan sembako kepada para pekerja tambang Speed di Dermaga Sungai Durian, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sintang Setina mengatakan, bahwa bantuan yang dilakukan ini merupakan rasa kepedulian pemerintah kabupaten Sintang terhadap kondisi masyarakat yang saat ini penghasilannya mengalami penurunan akibat Covid-19 ini.

”Janganlah kalian memandang jumlah atau nilai yang diberikan ini, tetapi ini merupakan ketulusan hati pemerintah kabupaten Sintang terhadap masyarakatnya, dan masih banyak yang harus dipikirkan olah pemerintah daerah untuk masyarakat lainnya dengan secara bergilir, dan pemkab Sintang melalui Dinas Sosial kabupaten Sintang hingga saat ini sudah menyalurkan bantuan sosial berbentuk sembako dengan jumlah sekitar seribu paket,” jelas Setina.

Di sela sela berlangsungnya penyaluran bantuan, media Integnews mewancarai salah seorang pekerja tambang, Udin (50). Udin menuturkan bahwa dia menekuni pekerjaan sebagai tukang tambang speed dua PK ini mulai dari usia 17 tahun sampai sekarang.

"Walaupun penghasilannya sangat minim tapi kami pantang menyerah, dan kami sebagai pekerja penambang ini sangat berterima kasih kepada bupati Sintang dan kepada pemerintah daerah kabupaten Sintang yang memberikan bantuan berupa sembako ini. Kami bukan melihat dari besarnya bantuan tapi kami sebagai rakyat kecil ini melihat bahwa kepeduliannya pemerintah kepada masyarakat Sintang, kami juga minta agar para teman teman kami yang sama nasibnya sama dengan kami bisa merasakan bantuan ini di kemudian hari," papar Udin.