Foto: Pendam XII/Tpr

Ilmu agama menjadi tiang dasar pendidikan akhlak seorang anak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal tersebut, Personel Pos Kapar Satgas Pamtas Yonif 133/YS, pada hari Jum’at kemarin mengajarkan kepada anak-anak di perbatasan mengaji, di TPA Al-Karimah Desa Lanjak Deras, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu.

Minimnya guru mengaji di wilayah perbatasan membuat hati personel Pos Kapar dengan rela dan ikhlas mengajarkan membaca Alquran dan iqra, baik kepada anak-anak maupun ibu-ibu yang beragama Islam. Kegiatan ini berlangsung setelah sholat Dzuhur sampai dengan selesai.

Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, di Pos Kotis Nanga Badau, Kapuas Hulu menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh personel Pos Kapar tersebut karena panggilan hati melihat minimnya tenaga pendidik di bidang ilmu agama Islam di wilayah perbatasan. Tentunya dengan mengajarkan mengaji kepada generasi muda di perbatasan ini, akan menjadi suatu wadah pembelajaran guna menambah pengetahuan tentang ilmu agama.

“Saya sangat mendukung dengan kegiatan yang berdampak positif serta bermanfaat bagi anak-anak di perbatasan, meskipun di tengah kondisi terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Justru hal ini semakin menambah motivasi para personel untuk memberikan yang terbaik sebagai darma bakti kepada Rakyat,” ujarnya.

Dikatakan juga, mengajarkan mengaji merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya guru dan orang tua, melainkan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak. 

“Kegiatan mengajar mengaji ini rencananya akan menjadi program tetap Satgas Yonif 133/YS khususnya Pos Kapar. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan untuk menambah wawasan dan bekal ilmu sejak dini kepada warga di perbatasan, bisa terlaksana dengan lancar,” harap Dansatgas mengakhiri.

Sementara itu, Andini salah satu murid mengaku senang karena bisa memiliki guru ilmu agama dari seorang TNI.

“Semoga ini dapat terus berlanjut sehingga kami dapat belajar banyak tentang pengalaman guna meraih masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here