Plt Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius/RMOLKalbar

Plt Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, satu kasus konfirmasi sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan swab ke-2 dan ke-3 di laboratorium RS Untan Pontianak.

“Kasus 06, berjenis kelamin laki-laki berusia 59 tahun asal Kecamatan Sekadau Hilir berdasarkan uji swab dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Henry dalam keterangan tertulis, Minggu (21/6).

Henry mengatakan, kasus 06 ini sudah melaksanakan isolasi mandiri sejak 27 April 2020 dan 12 Juni 2020 melaksanakan isolasi di rumah isolasi yang disediakan Pemprov Kalbar di Pontianak. Dengan kesembuhan tersebut, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar, Kadinkes Provinsi Kalbar yang terus emndukung dalam upaya penanganan Covid-19.

“Terima kasih kepada paramedis dan tenaga medis yang tidak kenal lelah memutus rantai penularan Covid-19. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau akan melakukan penjemputan pemulangan kembali agar yang bersangkutan dapat berkumpul dengan keluarga disertai istirahat dulu di rumah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ucap Henry.

Henry mengatakan, melihat hasil tersebut maka Tim Gugus Tugas terus mengingatkan bahwa masyarakat terus waspada dan tetap melakukan protokol kesehatan dalam memutus rantai penularan Covid-19. Henry mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, jika ada keperluan mendesak harus keluar rumah gunakan masker.

“Hindari keramaian dan jaga jarak. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, tingkatkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bergizi dan perbanyak konsumsi buah dan sayur,” imbaunya.

“Bantu pemerintah untuk kita saling membantu dan mengingatkan dengan taat imbauan pemerintah. Jangan menganggap penyakit Covid-19 aib. Covid-19 bisa disembuhkan. Mari kita saling membantu bila ada yang isolasi mandiri, OTG dan PDP maupun pasien yang positif terkomfirmasi dengan memberi dukungan moril, material, gizi makanan dengan tetap memperhatikan social distancing dan physical distancing,” tutur Henry.

Hingga pukul 17.00 WIB, Minggu (21/6) di Kabupaten Sekadau tercatat ada 118 ODP, 1 PDP dan 10 OTG. Berdasarkan uji PCR 5 kasus terkonfirmasi dan 6 orang dinyatakan negatif Covid-19. Sementara 11 orang masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Kemudian, 854 orang selesai masa pemantauan dan 5 telah dinyatakan sembuh.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here