Foto/Prokopim

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengikuti Apel Siaga Simulasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di PT. Mitra Aneka Rezeki Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kamis (25/6).

Apel Siaga di Lapangan Bola Kantor Kebun ASDE dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Remigius Sigid Tri Hardjanto. Pelaksanaan apel siaga di PT MAR merepresentasikan kesiapan seluruh korporasi di Kabupaten Kubu Raya menghadapi tibanya musim kemarau yang kerap diikuti munculnya kebakaran hutan dan lahan.

“Dari korporasi-korporasi yang ada dipilihlah PT MAR untuk mewakili seluruh perusahaan-perusahaan,” ujar Bupati Muda seusai mengikuti apel.

Ia mengatakan kesiapsiagaan merupakan keharusan. Termasuk memastikan kemampuan perusahaan dalam mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Karena itu sangat penting melihat langsung kesiapan perusahaan terkait peralatan, kelompok-kelompok masyarakat yang ada, dan desa-desa di sekitar perusahaan dalam menghadapi tibanya musim kemarau.

“Nah, jadi pesan Kapolda adalah mengingatkan kita supaya jangan terlena hanya dengan urusan pandemi Covid-19. Kebakaran hutan dan lahan juga harus diperhatikan sesuai dengan instruksi presiden dalam rapat terbatas kabinet bahwa secepatnya desa tetap harus kuat dan perusahaan harus menguatkan desa-desa untuk menjaga supaya setiap api yang muncul tidak membesar,” terangnya.

Sebelumnya Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Remigius Sigid Tri Hardjanto mengatakan apel siaga dan simulasi penanggulangan karhutla di wilayah Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya bertujuan mengingatkan semua pihak bahwa ada potensi ancaman yakni bencana karhutla. Di mana ancaman tersebut muncul seiring tibanya musim kemarau.

“Jadi mendekati musim kemarau yang rawan karhutla nanti, kita semuanya sudah harus siaga,” ujarnya Irjen Sigid.

Karena itu Kapolda Sigid berterima kasih kepada seluruh peserta apel siaga. Ia menilai pelaksanaan apel menjadi bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup.

“Peduli untuk mengantisipasi karhutla. Mudah-mudahan apel siaga dan simulasi penanggulangan ini betul-betul bisa menjadikan penyemangat bagi kita semua untuk peduli terhadap karhutla,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penanaman simbolis sejuta pohon di lingkungan PT MAR dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Penanaman dilakukan Irjen Sigid, Bupati Muda Mahendrawan, dan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here