Ilustrasi/Net

Tiga kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sekadau, Kalbar, dinyatakan sembuh. Hasil tersebut didapat berdasarkan uji sampel swab yang diterima Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau.

“Hari ini kita mendapatkan kabar yang mengembirakan, 3 kasus konfirmasi sudah sembuh dari Covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan swab ketiga dan keempat. Kemudian, ada satu orang negatif Covid-19 dari uji swab pertama dan kedua di laboratorium RS Untan Pontianak dan BBTKLPP Jakarta,” kata Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam perss release, Minggu (28/6).

Adapun mereka yang dinyatakan sembuh, yaitu kasus 08 dan kasus 09 asal Kecamatan Belitang Hilir dan kasus 10 asal Kecamatan Belitang Hulu. Sedangkan, satu warga asal Kecamatan Belitang Hilir dinyatakan negatif Covid-19.

Aloysius mengatakan, tiga orang yang dinyatakan sembuh ini sudah menjalani isolasi mandiri sejak 14 Mei 2020. Kemudian, 17 Juni 2020 juga telah dilakukan isolasi di rumah isolasi yang disediakan Pemkab Sekadau.

“Kami, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat atas kesembuhan mereka. Saya juga berterima kasih kepada semua pihak, terutama paramedis dan tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah untuk memutus rantai penularan Covid-19. Terima kasih juga kepada Bapak Gubernur dan Kadinkes Provinsi Kalbar yang terus mendukung upaya penanganan Covid-19 di Sekadau,” ucap Aloysius.

Aloysius juga mengingatkan masyarakat untuk terus waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia mengatakan, bila masyarakat terus konsisten disiplin, maka pemerintah dapat segera mempersiapkan tatanan pola penyesuaian hidup baru atau new normal.

“Tetap tinggal di rumah, jika ada keperluan mendesak keluar rumah wajib gunakan masker. Cuci tangan pakai sabun, hindari keramaian tetap jaga jarak, hindari memegang area mata, area hidung dan mulut. Langsung mandi setelah kita dari luar rumah atau setelah pulang bekerja. Tingkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), makan makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi buah dan sayur,” imbau Aloysius.

Dengan dinyatakannya kesembuhan terhadap 3 kasus tersebut, maka sementara ini Sekadau zero kasus terkonfirmasi Covid-19. Sementara, masih ada 5 sampel yang masih menunggu hasil pemeriksaan PCR. Kemudian, tercatat ada 86 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 5 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 11 orang dinyatakan negatif Covid-19.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here