Kadinkes Kalbar, Harisson/Net

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Singkawang berencana akan mendirikan laboratorium yang menyediakan alat RT PCR untuk penanganan Covid-19.

Ia mengatakan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mengajukan bantuan dalam rangka mendirikan laboratorium PCR untuk penanganan Covid-19.

“Tapi laboratorium ini benar-benar harus laboratorium yang matang. Pak Gubernur kemarin minta agar Singkawang membuat, merencanakan laboratoriumnya sesuai standar yang baik,” ujar Harisson kepada awak media, Jumat (3/7).

Ia mengatakan perencanaan pembangunan laboratorium tersebut dapat mempercepat pemeriksaan menggunakan Alat RT PCR.

Khususnya untuk masyarakat dari Kabupaten Bengkayang, Sambas, dan Mempawah yang dapat memeriksakan langsung sampel di laboratorium tersebut.

“Laboratorium di Kota Singkawang juga dirancang sesuai standar bio safety 2. Singkawang sudah meminta bantuan peralatan dan lagi dibicarakan oleh pak Gubernur,” paparnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan menyediakan pelatihan kepada petugas laboratorium sebelum di tempatkan di laboratorium tersebut.

“Di Singkawang itu sebenarnya ada ahli mikrobiologi dan dia juga ada spesialis patologi klinis, kita bisa berdayakan di laboratorium Singkawang kalau nanti Singkawang sudah punya PCR-nya,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here