Apel Gelar Hadapi Karhutla/RMOLKalbar

Jajaran Polres Sekadau menggelar apel Sarpras dalam rangka menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) di wilayah Kabupaten Sekadau.

Apel digelar di Mapolres Sekadau, dipimpin Kapolres AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H, dihadiri Wakapolres Kompol Edy Haryanto, S.H., M.H, Pabung Kodim 1204/Sanggau Mayor Arh. M. Agus Setiawan, Kalak BPBD Matius Jhon S.Pd M.Si, dan PJU Polres Sekadau.

Peserta apel terdiri dari aparat gabungan TNI Polri, BPBD, dan Satpol PP Kabupaten Sekadau dengan disertai kendaraan dinas sarana prasarana Siaga Bencana, Kamis pagi (16/7).

Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H selaku Irup dalam amanatnya menyampaikan, apel Sarpras personel gabungan ini digelar sebagai langkah menghadapi Karhutla dan Batingsor di kabupaten Sekadau.

Berdasarkan data dari BMKG, kabupaten Sekadau telah memasuki musim kemarau, namun dengan adanya anomali perubahan cuaca yang begitu cepat sehingga sampai saat ini masih mengalami musim hujan.

Beberapa wilayah di Sekadau, sudah mulai ada genangan air. Di kabupaten Sintang dan Melawi sudah terjadi banjir, bahkan ketinggian air ada yang mencapai 1 sampai dengan 2 meter. Sedangkan hasil analisis ketinggian air di wilayah Sekadau lebih rendah, sehingga ketinggian air dimungkinkan turun.

Polres Sekadau telah berkoordinasi dengan TNI, BPBD dan Satpol PP dalam rangka menghadapi banjir. Semua instansi mempersiapkan diri untuk menghadapi dan membantu masyarakat.

“Ini merupakan tindakan kemanusiaan, mari kita laksanakan dan mempersiapkan diri khususnya kabupaten Sekadau dalam rangka mengantisipasi banjir berikut nanti mana kala ada titik api,” tegas Kapolres kepada para peserta apel.

“Kitalah yang menjadi leading tedepan di kabupaten Sekadau. Semoga apa yang kita laksanakan menjadi amal ibadah kita kepada Tuhan yang maha kuasa dalam membantu masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan apel Sarpras dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas Siaga Bencana.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here