Kampus USU kembali di-lockdown selama 7 hari/Net

Penyebaran virus corona baru di lingkungan kampus masih terus terjadi. Seperti yang dialami sejumlah dosen di Universitas Sumatera Utara (USU). Akibatnya, USU harus kembali dilakukan lockdown.

Kebijakan lockdown ini tertuang dalam Surat Edaran yang ditandatangani oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, dengan No 6877/UN5.I.R/SPB/2020 tertanggal 24 Juli 2020.

Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan, alasan pengambilan kebijakan adalah karena makin banyaknya dosen yang terpapar virus Covid-19.

“Menyikapi kondisi akhir-akhir ini di mana semakin banyak dosen USU yang dinyatakan positif Covid-19, bahkan ada yang meninggal dunia, maka untuk mengantisipasi demi keselamatan kita bersama USU mengambil kebijakan penutupan kampus dari seluruh kegiatan terhitung sejak Senin 27 Juli hingga Minggu 2 Agustus 2020,” demikian isi surat edaran tersebut.

Selama penutupan tersebut, aktivitas pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan USU akan bekerja dari rumah atau Work From Home. Daftar kehadiran pun dilakukan secara online.

Langkah ini, disebutkan dalam surat edaran USU, diambil sebagai bentuk komitmen pihak universitas dalam melindungi keselamatan dan kesehatan warganya.

Sementara itu, Humas USU, Elvi Sumantri mengatakan, belakangan ini mereka memang sudah menerapkan berbagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Bahkan, pihak USU telah mengambil kebijakan di mana pegawai dan tenaga pendidik yang berusia di atas 45 tahun melakukan aktivitas dari rumah. Sedangkan yang berusia di bawah itu, bekerja dengan pembagian jam kerja.

“Kita berlakukan dengan sistem shift dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here