Sosialisasi Pembuatan Cuka Kayu/RMOLKalbar

Polsek Sekadau Hulu mensosialisasikan progam pembuatan cuka kayu atau asap cair untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini sejalan dengan adaptasi kehidupan baru di bidang ketahanan pangan.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung Kapolsek Sekadau Hulu, IPDA Sudarsono di Dusun Selintah, Rawak Hulu, Senin (27/7).

Sudarsono menjelaskan, cuka kayu atau asap cair dapat menyuburkan vegetasi tanah. Sehingga, membuka lahan tidak perlu pembakaran guna meminimalisir terjadinya karhutla.

Pembuatan cuka kayu atau asap cair ini terbilang sederhana dan mudah, yakni dengan cara membakar limbah-limbah organik hasil penebasan lahan, seperti kayu, rumput kemudian di disimpan dalam suatu tong.

“Asapnya didinginkan dengan cara disuling dan menghasilkan cairan berwarna cokelat sebagai hasil akhir dari proses tahapan pembuatan,” kata Sudarsono.

Ia mengatakan, cairan itu lah nantinya yang digunakan untuk menyuburkan tanah yang ditanami tumbuhan dengan dicampur air terlebih dahulu.

“Asap cair atau cuka kayu ini kegunaannya multifungsi, dapat digunakan sebagai pupuk organik, anti hama, penggumpal getah serta pengawet makanan,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here