Bersama PT Putra Sinka Sukses, Pemkot Singkawang Buat Mall Pelayanan Publik

Pemerintah Kota Singkawang melibatkan PT. Putra Sinka Sukses dalam pembentukan mall pelayanan publik di Kota Singkawang. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menerangkan pembentukan mall pelayanan publik merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Pemkot Singkawang dalam mendobrak rutinitas yang berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas, tidak berbelit-belit, mudah, cepat, terjangkau, aman dan nyaman.


“Dengan adanya mall pelayanan publik, maka seluruh pelayanan perizinan dan non perizinan di Singkawang dapat diselenggarakan secara integrasi dan terpadu,” ujar Tjhai Chui Mie kepada wartawan, Selasa (4/8).

Dari penuturan Wali Kota, terdapat sembilan instansi atau lembaga yang telah siap untuk bergabung dalam mall pelayanan publik Kota Singkawang.

Diantaranya Polres Singkawang, UPT PPD Wilayah Singkawang, Kantor Imigrasi Kelas II, Kantor Kementerian Agama dan BPN Singkawang, Kantor Pajak Pratama, Bank Kalbar Cabang Singkawang, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Singkawang.

“Ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan bersama terkait mekanisme dan prosedur layanan. Termasuk juga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Ia berharap kehadiran mall pelayanan publik dapat menjawab tantangan untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

Sehingga dapat memberikan dampak pada tumbuhnya industri mikro dan kecil, memperkuat daya saing global, dan tumbuhnya minat investor sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat.

“Kunci dan efektivitas dari hadirnya mall pelayanan publik adalah pada integrasi sistem pelayanan yang lebih cepat mudah dan terjangkau,” ujarnya.

Selain itu, Penandatangan kerjasama dihadiri Forkopimda dan Kepala OPD Pemkot Singkawang.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Putra Sinka Sukses yang telah bekerjasama untuk menyediakan tempat penyelenggaraan pelayanan publik,” tukasnya.