Persiapan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Sekadau Gelar Coffee Morning Bersama Forkopimda

Polres Sekadau menggelar Coffee Morning bersama Forkopimda kabupaten Sekadau dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada Tahun 2020, yang berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, Jumat (19/6).


Coffee morning dilaksanakan dengan mempedomani protokol kesehatan. Peserta diwajibkan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, serta menggunakan masker.

Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan coffee morning ini merupakan penjabaran dari dimulainya kembali rangkaian tahapan Pilkada yang sempat ditunda dikarenakan Pandemi wabah virus Covid-19.

Coffee morning menjadi agenda silaturahmi Forkopimda kabupaten Sekadau, sekaligus diskusi, sharing mengenai tahapan Pilkada kabupaten Sekadau, yang akan jadi agenda rutin sampai dengan bulan Desember.

Dalam kesempatan ini Kapolres AKBP Marupa Sagala menegaskan netralitas polri dalam pemilu. Peran dan tugas polri mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilu, sesuai instruksi Kapolri maupun Kapolda.

Terkait pemilu kabupaten Sekadau, Kapolres mengatakan pihaknya akan memberikan pengamanan melekat kepada KPU dan Bawaslu, dengan mendirikan tenda diluar kantor KPU dan juga Bawaslu.

"Sebagai deteksi dini, apapun rencana kegiatan pemilu nantinya agar dikordinasikan dengan kami. Sehingga kami bisa menentukan langkah pengamanan, mengantisipasi kerawanan," kata Kapolres.

Kapolres menambahkan dari Polres Sekadau pada bulan Agustus melaksanakan Operasi pengamanan Pemilu yaitu Operasi Mantap Praja Kapuas 2020, dan ada beberapa protap nantinya dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja guna antisipasi untuk memberikan tindakan pengamanan kerawanan Kamtibmas dalam setiap tahapan Pilkada.

"Kita harapkan bersama pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Sekadau berjalan aman, damai dan sejuk," tutup Kapolres.

Coffee morning dilanjutkan dengan diskusi dan sharing terkait Pilkada. Hadir dalam kegiatan, Wakapolres Sekadau Kompol Edy Haryanto, S.H., M.H, Sekda Sekadau Drs. Zakaria, M.Si, Pabung Kodim 1204 Sanggau Mayor M. Agus Setiawan, Ketua KPU Drianus Saban, S.Pd, Komisoner Bawaslu Al Aminuddin, Kasi Intel Kejari Sekadau Yosy, SH, para PJU Polres Sekadau dan Kapolsek jajaran.