Setelah Deklarasi Di Tugu Proklamasi, Maklumat KAMI Disampaikan Ke Jokowi, DPR, DPD, MPR

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan mendeklarasikan Maklumat Menyelamatkan Indonesia di di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pada 18 Agustus 2020 mendatang.


Setelah deklarasi, salinan Maklumat Maklumat Menyelamatkan Indonesia itu akan diberikan ke DPR, DPD, MPR hingga Presiden.

"Setelah menyampaikan maklumat di Tugu Proklamasi, kami akan sampaikan ke MPR, DPR, DPD, dan ke presiden," kata Deklarator KAMI, Din Syamsuddin di Aston Hotel, TB Simatupang, Kawasan Jakarta Selatan, Jakarta, Sabtu (15/8).

Din meminta kepada semua pihak agar tidak terlalu berlebih-lebihan menyikapi maklumat dari KAMI.

Saat ini kata Din, yang diperlukan hanyalah jawaban dengan berbagai langkah untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari kesemrawutan.

"Apa yang kami dampaikan nanti berbasis ilmu pengetahuan, kami siap berdebat dengan siapapun, kami akan menyampaikan data-datanya," tegasnya.

KAMI, diterangkan Din Syamsuddin, merupakan gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"KAMI didukung para tokoh dari berbagai elemen, berbagai profesi, dari cendikiawan, kaum buruh, dan lainnya. Ini koalisi yang majemuk, baik antar agama, suku dan profesi," tegasnya.

Adapun tokoh yang dijadwalkan hadir pada saat penyampaian Maklumat Menyelamatkan Indonesia antara lain; Puteri Bung Karno Rachmawati Soekarnoputri, Refly Harun, Marwan Batubara, Gatot Nurmantyo, Bachtiar Chamsyah, Rochmat Wahab.

Kemudian, Ahmad Yani, Ichsanudin Norsy, Said Didu, Habib Muhsin Alatas, Rocky Gerung, Laode Kamaluddin, MS Kaban, dan masih banyak tokoh bangsa yang lainnya.