Tegakkan Protokol Kesehatan, TNI Perketat Pengawasan PMI di Entikong

Koramil Entikong memperketat pengawasan terhada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Indonesia dari Malaysia di PLBN Entikong Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan dengan meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kalimantan Barat, Minggu (23/8).


Dalam pelaksanaannya personel Koramil Entikong bersama dengan Satgas Pamtas Yonif R 641/Beruang dan Petugas Kesehatan PLBN Entikong memantau dan melakukan pengawasan terhadap para PMI. Petugas memberlakukan protokol kesehatan yang ketat kepada setiap PMI maupun pelintas batas lainnya.

Danramil Entikong, Mayor Inf Arman mengatakan, sebagai satuan komando kewilayahan memang dituntut berperan aktif dalam memantau wilayah binaanya. Babinsa melaksanakan kegiatan pengawasan di Pos PLBN Entikong untuk memantau kesehatan PMI sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Sanggau maupun Kalbar pada umumnya.

Pemeriksaan dan pelayanan lintas batas/RMOLKalbar

Sudah menjadi instruksi komando atas dan pemerintah kepada TNI-Polri, petugas pemeriksaan dan pelayanan lintas batas di tiap perbatasan untuk dapat memaksimalkan pemeriksaan kepada para pelintas batas dan PMI.

Selain melakukan pengawasan, kata Danramil, Babinsa juga mengimbau kepada PMI yang baru pulang dari luar negeri untuk stay dirumah sementara waktu dan tidak takut untuk melapor jika ada gejala sakit.

"Hal ini untuk kebaikan serta keamanan kita semua. Dengan adanya pemantauan dan pemeriksaan kesehatan warga yang baru pulang dari luar negeri akan dapat mencegah penyebaran Covid-19," kata Danramil mengakhiri.