Layanan Internet Masyarakat, Pemkab-PT PSP Jalin Kerja Sama

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan PT Pelangi Surya Persada (PSP) menjalin kerja sama tentang penyediaan layanan Internet masyarakat di Kabupaten Kubu Raya. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan di ruang kerja Bupati Kubu Raya, Selasa (25/8).


Melalui kerja sama ini, nantinya layanan Internet akan menjangkau seluruh desa hingga desa terjauh. Menurut rencana, pemasangan Internet akan dilakukan sepekan setelah nota kesepahaman, yakni pada Selasa 2 September pekan depan.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan akan mempercepat realisasi kerja sama. Sebab saat Internet telah menjadi kebutuhan yang sangat strategis.

“Terlebih yang berkaitan dengan informasi yang cepat, tepat, dan lebih maksimal,” ujarnya seusai penandatanganan.

Muda mengatakan pemerintahan desa di Kabupaten Kubu Raya saat ini telah memulai digitalisasi pemerintahan. Untuk itu, diperlukan sistem untuk mempercepat pelayanan.

“Masyarakat juga akan bisa menikmati dengan biaya yang rendah sehingga bisa meringankan beban dan memaksimalkan hasil,” kata dia.

Ia menambahkan dengan penyediaan layanan Internet masyarakat, akan terjadi percepatan pelayanan di semua bidang. Baik pelayanan di birokrasi maupun pelayanan publik. Sehingga semua pelayanan dapat diberikan dengan maksimal.

“Kita berharap kerja sama ini bisa langsung dimaksimalkan sehingga kita bisa kepung bakul. Semua program bisa cepat, tepat, meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kemiskinan dan pengangguran, dan meningkatkan pendapatan desa dan pendapatan daerah,” harapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya, Eddy Mudianto, mengatakan program Internet masuk desa mendukung program Presiden Joko Widodo tentang transformasi digital. Melalui kerja sama, diharapkan akan terbangun infrastruktur jaringan Internet di semua desa di Kubu Raya.

"Kerja sama ini sangat membantu terutama bagi Dinas Komunikasi dan Informatika. Karena memfasilitasi 27 SKPD plus sembilan kecamatan. Sedangkan untuk desa, sudah dibangun 37 tower yang telah terkoneksi. Sehingga ditargetkan tahun 2023, semua desa sudah terkoneksi dengan bantuan kerja sama ini," tuturnya.