Warga Suak Bagan Desa Semabi Siap Dukung Aron-Subandrio

Foto/RMOLKalbar
Foto/RMOLKalbar

Herkulanus salah seorang tokoh masyarakat Dusun Suak Bagan Desa Semabi mengaku sangat prihatin dengan kondisi jalan selama ini, dari dulu memang belum ada perubahan.


"Akses jalan kami masih susah. Mau angkut durian dari kebun sulitnya minta ampun. Kami juga punya potensi sawah tapi belum diperhatikan. Disini kami juga perlu sarana air bersih," ungkap Herkulanus

Hal yang sama dikatakan oleh Sabon tokoh masyarakat dusun Selabi Desa Seberang Kapuas, ia mengungkapkan bahwa warga Selabi membutuhkan fasilitas kesehatan dan infrastruktur.

"Karena kalau ada warga yang sakit kami disini susah pak untuk berobat. Kalau bisa kami minta supaya ada Pustu disini," pinta Sabon.

Ia juga menganggap belum ada perubahan yang signifikan di Selabi selama empat tahun terakhir ini.

"Jalan kami juga sering banjir. Kalau banjir anak-anak mau sekolah susah," sebut Sabon.

Sementara itu Calon Bupati Sekadau nomor urut 1, Aron, saat pertemuan di lima dusun memaparkan visi dan misi yang ia usung bersama Subandrio.

Aron menjelaskan, keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat dalam pertemuan sangat cocok dengan program Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian, Perikanan untuk Kesejahteraan (IP3K) yang menjadi program utama pasangan Aron-Subandrio.

"Kita melihat ditengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, masyarakat kita yang memiliki kebun kelapa sawit masih mampu bertahan secara ekonomi. Kami akan memfasilitasi bantuan bibit kelapa sawit, begitu juga pagi, karet dan komoditas unggulan lainnya. Termasuk komoditi yang sedang populer sekarang yaitu Porang dan Vanili," terang Aron.

Ia memastikan, pembangunan bidang perkebunan dan pertanian tak hanya sekadar memberikan bantuan bibit.

"Setiap tiga bulan kita akan panggil PPL. Kita evaluasi apa saja kendala dan keluhan petani secara rutin," ucap Aron, Jumat (8/10).

Bidang infrastruktur juga menjadi salah satu prioritas dalam program pasangan Aron-Subandrio. 

Aron menegaskan, di masa kepemimpinannya kelak ia akan mengurangi porsi pembangunan gedung yang memakan biaya besar.

"Di wilayah Seberang Kapuas yang meliputi beberapa desa ini kita sering mendapat keluhan bahwa kondisi infrastruktur jalan masih kurang diperhatikan. Saya sudah berkomitmen akan mengurangi bangun gedung kantor dan sebagainya. Dananya dialihkan untuk bangun jalan," jelas Aron.

Di bidang pendidikan dan kesehatan, Aron menjamin akan membangkitkan kembali program-program pro rakyat seperti Satu Dusun Satu Sarjana serta operasi katarak dan bibir sumbing gratis.

"Untuk itu saya mohon dukungan bapak ibu semua. Tanggal 9 Desember 2020 datang ke TPS, coblos Aron-Subandrio nomor urut 1," ajak Aron.